Wisata Dieng

Home » Tempat wisata di Dieng » Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda


Jalatunda merupakan sumur raksasa tempat tinggalnya Antaboga, Nagagini dan Antareja, ular raksasa yang berasal dari cerita pewayangan, begitulah kepercayaan cerita turun-temurun penduduk lokal,dan sampai saat ini masih juga banyak yang percaya tentang adanya kerajaan Antaboga termasuk beberapa tokoh spiritual juga mempercayainya, Sumur Jalatunda ini juga masih menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh sesepuh Dieng pada saat akan dilaksanakannya ritual cukur rambut gembel.

Terletak di Desa Pekasiran Kecamatan Batur atau sebelah kanan jalan dari Dieng menuju Batur via kepakisan. Untuk mencapai lokasi bibir sumur raksasa yang berdiameter 90 meter ini, kita harus naik tangga terlebih dahulu dengan jumlah yang menurut banyak orang sering berebda-beda hitungannya. Sumur ini merupakan bekas kawah purba yang kemudian terisi air berwarna hijau , dinding-dindingnya merupakan bebatuan yang banyak ditumbuhi berbagai jenis rumput, bambu glagah dan bambu cendani.

Kedalaman 100 meter diatas permukaan air sumur yang hijau menjadikan jarangs ekali ada orang yang berani turun untukmengambil air sumur yang katanya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tertentu, dulu di Desa Pekasiran hanya ada satu orang yang berani turun untuk mengambil air tersebut tanpa bantuan alat apapun , sampai saat ini Sumur raksasa jalatunda masih menjadi lokasi yang sering dikunjungi wisatawan karena ada kepercayaan turun temurun yang mengatakan bahwa barang siapa yang dapat melempar batu melewati tengah sumur dan sampai ke sisi lain dari bibir sumur maka beberapa permintaanya akan segera terkabul oleh Tuhan yang maha esa.

Nama Jalatunda berasal dari jala dan tunda Jala berarti jaring Tunda berarti menunda, dimaksudkan untuk memberikan semangat bagi generasi sekarang agar ketika memiliki cita-cita kita jangan pernah menunda-nunda untuk mengerjakan pekerjaan yang mengarah pada cita-cita tersebut, atau kita akan terjaring penyesalan yang tiada hentinya dalam mengarungi kehidupan ini.

Advertisements

Butuh bantuan ? silakan tinggalkan pesan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: