Wisata Dieng

Home » News and Articles » Panduan Praktis Backpacker ke Dieng

Panduan Praktis Backpacker ke Dieng


panduan backpacker ke diengIstilah Backpacker sering diartikan sebagai orang yang melakukan perjalanan seorang diri ataupun dengan berkelompok untuk mengunjungi tempat-tempat yang dipilih menjadi tujuannya. Ciri backpacker biasanya akan menggunakan tas ransel besar di pungungnya. Perbedaan Backpacker dengan wisatawan biasa adalah, backpacker biasanya lebih sering menggunakan fasilitas-fasilitas yang sederhana dan praktis saat  melakukan perjalanan. Sedangkan, wisatawan biasa cenderung akan menggunakan fasilitas-fasilitas bagus untuk kepuasan mereka dan biasanya dibantu oleh tour operator terkenal.

Jika kamu ingin menjadi backpacker an, Anda berarti harus siap melakukan perjalanan dengan cara beda dari biasanya dan tentu saja kamu juga tidak memerlukan biaya yang bisa membobol habis kantong dan tabunganmu karena seorang backpacker biasanya terlatih mengatur pengeluaran nya selama berada di suatu tempat.

Menjadi seorang backpacker kamu dituntut menjadi orang yang percaya diri dan tidak malu karena backpacker selalu menggunakan fasilitas-fasilitas umum dan sering berbagi keperluan dengan yang lain . Bukan karena backpacker itu miskin, tetapi karena memang hanya ingin membuktikan bahwa berpergian tidak harus menggunakan barang-barang yang hebat dan mahal termasuk makanan yang dikonsumsinya.

Selain itu, kamu juga akan menginap di tempat-tempat sederhana ketika melakukan perjalanan, seperti home stay, rumah teman atau tempat yang bisa didirikan tenda di situ. menjadi backpacker, kamu juga harus siap menggunakan moda transportasi /angkutan umum untuk menjangkau tempat yang sekiranya jaraknya jauh. bahkan, tak jarang backpacker mencari tumpangan kendaraan untuk sampai di tempat yang diinginkannya ataupun jalan kaki sebagai alternatif untuk mencapai tujuan.

Yang pasti backpacker an itu hal yang paling menyenangkan, menantang dan membuat kita merasa bebas dari berbagai kungkungan,baik budaya, strata dan lainnya. Tapi ingat untuk melakukan hal tersebut bukan  berarti kita tidak membutuhkan persiapan yang matang.

Untuk melakukan kegiatan backpacker ke Dieng diperlukan berbagai hal yang wajib diingat dan dipenuhi, berikut ini merupakan panduan praktis backpacker ke Dieng Plateau :

    1. Dana Ini mutlak diperlukan untuk menjamin kita dapat memenuhi kebutuhan hidup kita selama diperjalanan , semakian banyak dana cash yang kita miliki akan semakin baik, sehingga kita tidak harus tidur diterminal, dimushola ataupun dikantor polisi, dan kita juga tidak harus habis-habisan menguras tenaga untuk mencapai tujuan / lokasi dengan jalan kaki, dengan dana/ uang yang ada yang kita kelola dengan baik tentunya akan menjamin kegiatan kita selama diperjalanan akan lancar.
    2. Tanda pengenal Penting sekali dibawa oleh backpacker mengingat saat ini berbagai kejadian tidak mengenakan sering menimpa kita, semisal ada penggeledahan identias, dipelabuhan, dibandara ataupun diterminal, dengan adanya tanda pengenal baik berupa KTP/ SIM/ Kartu pelajar kita akan terbebas dari urusan dengan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu. Tanda pengenal dan Uang cash sebaiknya di simpan dalam dompet khusus yang dapat dimasukan kedalam kaos.
    3. Tas Punggung / Backpack Pilih ukuran yang pas dengan badan kita, akan akan mempermudah pergerakanbadan kita selama diperjalanan, pilih juga yang praktis seperti tas gunung 60 Liter misalnya yang dapat menampung barang-barang bekal selama diperjalanan, dan jangan lupa juga bawa tas yang lebih kecil untuk persiapan perjalanan track pendek.
    4. HP,Smart phone,Kamera , Powerbank dan colokan listrik kaki tiga atau lebih. Saat ini kita sudah tidak dapat dipisahkan dengan teknologi komunikasi sehingga barang-barang tersebut menjadi wajib dibawa agar dapat update informasi dengan cepat dan mengabarkan kepada dunia bahwa kita saat ini sudah berada di Dieng , Negernya para dewa.
    5. Perencanaan yang matang. Jangan lupa buat perencanaan yang matang, terkait dengan transportasinya, menginap dimana, mau minta bantuan siapa untuk mengelola perjalanannya,makan dimana saja, dan syukur-syukur buat juga itinerary perjalanan wisata ke Dieng.
    6. Peralatan mandi. Sampho,sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, handuk parfum dll yang di bungkus khusus secara terpisah dan mudah dijangkau karena sering digunakan diperjalanan. Ingat walaupun di Dieng hawanya dingin seperti di Eropa kita juga harus tetap mandi dan menjaga bau badan kita yang seharian berjalan –jalan dan berkeringat yang tentu saja akan menyebabkan bau badan kita tersebar kemana-mana.
    7. Pakaian ganti. Pilih pakaian yang enak dipakai, ringan, menyerap keringat,mudah kering dan jangan lupa jaket, jumlah pakaian ini tentu saja tergantung dengan rencana berapa lama kita akan berada di Dieng , semakin lama Blusukan di Kawasan Dieng tentu saja membutuhkan pakaian yang lebih banyak dan tas backpacknya juga lebih besar.
    8. Sepatu dan sandal. Enak pakai sandal jepit atau sandal gunung saat kita berada pada lokasi yang mudah semisal ditengah kota,selama di kendaraan dll dan kalau lagi hiking gunakan sepatu yang enak dipakai dan tidak licin serta dapat melindungi kaki kita dari benturan benda-benda keras. Pakailah sandal atau sepatu sesuai dengan pilihan kita dan lupakan soal gengsi saat kita ber backpacker.
    9. Obat-obatan ringan. Gangguan sakit selama di perjalanan tentu saja akan menyebabkan semua aktivitas terganggu, dengan membawa obat-obatan dan vitamin tentu saja sudah merupakan sugesti tersendiri agar kita tetap sehat , dan biasakan mengkonsumsi multi vitamin selama di Dieng karena adanya perbedaan kondisi cuaca dengan ditempat asal, tubuh butuh cara beradaptasi dengan wilayah setempat dan butuh konsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan.
    10. Makanan Ringan. Ini juga penting untuk menemani selama perjalanan bahkan mungkin untuk persiapan ketika akan melakukan Hiking ke gunung Prau, Sikunir Pakuwojo ,Bisma atau menjelajahi beragai telaag di Kawasan Dieng , Mie Instan, roti tawar, makanan kering menjadi pilihan paling mudah untuk di bawa dan dikonsumsi selama perjalanan, penting juga dilengkapi dengan kopi, teh, susu dll sesuai dengan selera biasanya di rumah.
    11. Perlengkapan lain. Semisal sisir, kacamata, topi rimba, balaklava, slayer , bandana dll
    12. Kantung Plastik. Ini penting untuk memisahkan antara pakaian kotor dan bersih juga untuk melindungi ketika hujan turun.
    13. Tenda, Matras dan Sleeping Back. Ketiga perlengkapan ini sangat penting ketika suatu saat berada di dieng kita memutuskan untuk ngecamp di tempat-tempat outdoor, semisal 2 hari tinggal di homestay trus hari –hari selanjutnya tidur di tenda ditempat-tempat terpisah.
    14. Cari teman seperjalanan yang pas. Backpacker an bisa dilakukan sendiri ataupun berkelompok tapi yang paling menyenangkan tentu saja ada teman yang diajak karena dapat saling membantu selama diperjalanan, yang pasti jangan membawa teman bukan muhrim yang berlainan jenis, karena dibanyak tempat di Dieng pemilik homestay tidak akan mau menerima untuk menginap disana, bahkan untuk Desa tertinggi dipulau jawa yaitu di Sembungan tenda juga harus terpisah antara putra dan putri.
Advertisements

Butuh bantuan ? silakan tinggalkan pesan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: